Museum Trupark, Wahana Selfie dan Edukasi Batik Pertama di Indonesia

Kamis, 17 Januari 2019 - 09:16 WIB
Museum Trupark, Wahana Selfie dan Edukasi Batik Pertama di Indonesia
Museum Trupark, Wahana Selfie dan Edukasi Batik Pertama di Indonesia
A A A
CIREBON - Museum biasanya identik dengan barang bersejarah dan memiliki banyak kenangan. Namun, kali ini wisatawan tidak akan menemukan hal tersebut ketika mengunjungi Museum Trupark, destinasi anyar di Cirebon yang mengusung konsep baru dan unik.

Berdiri tepat di sebelah sentra batik ternama, Museum Trupark diklaim sebagai pertama di Indonesia yang hadirkan wahana selfie dan edukasi batik. Tak heran jika di dalamnya terdapat sederet spot instagenic menarik, menanti untuk dieksplorasi.

Museum Trupark terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Gedungnya berada tepat di sebelah sentra batik ternama, Batik Trusmi. Bukan kebetulan, karena inisiatif mendirikan museum memang datang dari pengelola pusat penjualan batik langganan turis tersebut.

Dikutip dari Travelingyuk, batik Trusmi sendiri menyediakan berbagai macam pilihan batik untuk para pelancong. Motif dan harganya beragam, dari santai sampai resmi, mulai ribuan hingga ratusan juta rupiah. Selesai berbelanja, para pengunjung kini bisa lanjutkan perjalanan dengan mampir ke museum batik Trupark.

Guna memancing minat pengunjung, pengelola museum tak serta merta langsung menyuguhkan sederet informasi sejarah batik. Begitu masuk, wisatawan justru bakal disambut beberapa spot foto cantik dan menarik. Beberapa di antaranya hadir dalam bentuk topeng babakan lima, batik mega mendung, dan masih banyak lagi.

Setelah puas berfoto-foto dan mengagumi indahnya warisan budaya Cirebon tersebut, wisatawan bisa melanjutkan ke lantai 2. Di bagian inilah baru pengelola fokus pada wahana edukasi. Pengunjung akan disuguhi beragam artefak berupa canting, malam, dan ember. Selain itu ada juga pemaparan mengenai sejarah Desa Trusmi.

Wahana yang disuguhkan benar-benar atraktif. Ada satu sudut di mana pengunjung bisa berfoto keren di ruangan visual, menggunakan latar belakang video yang selalu berubah-ubah. Jika masih belum puas, wisatawan juga bisa menyewa kostum. Tersedia beberapa pakaian batik yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto. Pastinya bakal membuat pengalaman berkunjung ke Trupark terasa kian mengesankan.

Untuk masuk ke museum ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp50 ribu per orang. Menariknya, museum ini buka setiap hari. Mulai Senin hingga Jumat, antara pukul 12.00 hingga pukul 18.00 WIB. Sementara untuk Sabtu dan Minggu, destinasi selfie dan edukasi ini dibuka antara pukul 09.00 hingga pukul 18.00 WIB.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)